Memahami Sistem Informasi (SIM)

Di era informasi dan komunikasi dewasa ini, Terdapat banyak sekali referensi mengenai sistem informasi dan manajemen sistem informasi. Di era digital, penyimpanan dan pengambilan data dilakukan dengan berbagai sistem dan antarmuka.

Sistem Informasi

Suatu sistem informasi, dapat didefinisikan sebagai seperangkat komponen jaringan terkoordinasi yang bertindak bersama untuk menghasilkan, mendistribusikan dan atau memproses informasi. Faktor penting dari sistem informasi berbasis komputer adalah ketepatan, yang mungkin tidak dapat dilakukan sistem lain.

Sistem

Dalam suatu sistem, jaringan sejumlah komponen bekerja menuju satu tujuan, jika ada kekurangan koordinasi antar komponen, akan mengarah pada hasil yang kontraproduktif. Sebuah sistem setidaknya memiliki fitur-fitur berikut:

  • Adaptabilitas: beberapa sistem bersifat adaptif terhadap lingkungan luar, sementara beberapa sistem tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan eksternal. Sebagai contoh, anti-lock breacking system (ABS) pada sebuah mobil bereaksi tergantung pada kondisi jalan, sementara sistem audio di dalam mobil tidak bergantung pada apa yang terjadi pada mobil.
  • Batasan: setiap sistem memiliki batasan atau batasan yang telah ditentukan sebelumnya di mana ia beroperasi. Batasan ini dapat ditentukan oleh hukum atau status teknologi saat ini.

Informasi

Definisi informasi yang umum adalah hasil oleh data. Namun, data bukanlah informasi yang benar. Data hanya akan memiliki arti dan makna jika sudah berupa informasi. Informasi direpresentasikan dengan data, simbol dan huruf.

Informasi memiliki properti berikut:

  • Objective: Salah satu sifat kunci dari informasi adalah objektivitasnya. Informasi objektif adalah komponen kunci dari setiap penelitian ilmiah modern.
  • Subjective: Kumpulan informasi yang berguna bagi sains mungkin abstrak atau tidak relevan untuk yang lain. Karena itu, informasi bersifat subyektif juga.
  • Temporary: Informasi bersifat sementara terhadap setiap pembaruan dalam basis data.

Representasi Informasi

Informasi diwakili dengan bantuan data, angka, huruf atau simbol. Informasi disajikan dengan cara representasi. Sistem desimal dan sistem biner adalah dua cara untuk merepresentasikan informasi. Rangkaian biner komputer dirancang untuk beroperasi di bawah dua status (0,1).

Organisasi Informasi

Cara pengelolaan informasi secara langsung mempengaruhi cara informasi dikelola dan dihasilkan.

Cara paling sederhana untuk mengatur informasi adalah melalui model linear. Dalam bentuk ini, data disusun satu demi satu, misalnya, dalam pita magnetik, kaset musik, dll.

Dalam model pohon biner, data disusun dalam format pohon terbalik dimana diasumsikan memiliki dua nilai.

Model hirarki berasal dari model pohon biner. Dalam model ini, cabang dapat mengasumsikan data multi-nilai, misalnya dalam sistem operasi UNIX model ini digunakan untuk sistem file-nya.

Model hypertext adalah cara lain untuk mengatur informasi; World Wide Web adalah contoh dari model ini.

Model akses acak adalah cara lain untuk mengatur informasi. Model ini digunakan untuk pemanfaatan optimal ruang penyimpanan komputer yang tersedia. Di sini data disimpan di lokasi yang ditentukan di bawah arahan sistem operasi.

Jejaring Informasi

Informasi dirambatkan pada jaringan melalui topologi jaringan. Lay out semua perangkat yang terhubung, dan menyediakan bentuk virtual atau struktur ke jaringan dikenal sebagai topologi jaringan. Struktur fisik mungkin tidak mewakili topologi jaringan. Tipe dasar topologi adalah bus, cincin, bintang, pohon dan mesh.

Topologi di atas dibangun dan dikelola dengan bantuan Hubs, Switches, Bridges, Routers, Brouters and Gateways.

Mengamankan Informasi

Keamanan informasi serta sistem informasi sangat penting. Pencadangan data dilakukan pada saat status informasi itu aman. Manajemen keamanan untuk jaringan dan sistem informasi dibedakan berdasarkan pengaturannya seperti rumah, usaha kecil, bisnis menengah, bisnis besar, sekolah dan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *