Perubahan Wajah Lingkungan Bisnis

Dekade terakhir telah menunjukkan perkembangan teknologi informasi dan penerapannya yang sangat pesat. Hal ini telah membantu mengubah cara kita memandang dunia serta cara kita menjalankan bisnis. Baik bisnis maupun perdagangan telah berevolusi dengan hadirnya teknologi informasi dengan peningkatan efisiensi dan produktivitas. Peningkatan produktivitas telah memfasilitasi produksi yang cepat dan akurat dalam volume besar.

Bisnis dan Teknologi Informasi

Lingkungan bisnis global dan persaingan saat ini terus-menerus menuntut inovasi, basis pengetahuan yang ada semakin ketinggalan, terus dikembangkab untuk kemajuan dalam peningkatan proses. Metode belajar selalu dikembangkan, dan setiap perusahaan berusaha untuk tetap menjadi yang terdepan. Perubahan cara bisnis dilakukan dengan membuang realitas baru yang memperpendek siklus hidup produk dan layanan. Semakin banyak perusahaan yang keluar dengan produk custom dan menemukan cara untuk menjadi unik dari kompetitornya.

Survei terbaru yang telah dilakukan menyoroti perubahan dalam lingkungan bisnis dapat diringkas sebagai berikut:

  • Globalisasi dan pembukaan pasar tidak hanya meningkatkan persaingan tetapi juga telah memungkinkan perusahaan untuk beroperasi di pasar yang sebelumnya dianggap terlarang.
  • Penyertaan teknologi informasi sebagai bagian integral dari lingkungan bisnis telah memastikan bahwa perusahaan dapat memproses, menyimpan, dan mengambil kembali jumlah data yang sangat besar dengan biaya yang semakin kecil.
  • Globalisasi telah mendorong pergerakan bebas di bidang modal, barang dan jasa di berbagai negara.

Karakteristik Lingkungan Bisnis

Untuk memahami lingkungan bisnis dan penggerak perubahan, pertama-tama penting untuk memahami karakteristiknya sebagai berikut:

  • Lingkungan bisnis bersifat kompleks dan dinamis karena mereka bergantung pada faktor-faktor seperti politik, ekonomi, hukum, teknologi, sosial, dll.
  • Lingkungan bisnis mempengaruhi perusahaan di berbagai industri dengan caranya sendiri yang unik. Sebagai contoh, para importir mungkin lebih menyukai nilai tukar yang lebih rendah sementara para eksportir mungkin lebih menyukai nilai tukar yang lebih tinggi.
  • Dengan perubahan dalam lingkungan bisnis, beberapa efek mendasar bersifat jangka pendek sementara beberapa dirasakan selama jangka waktu tertentu.

Proses Bisnis Outsourcing

Business Process Outsourcing (BPO) melibatkan kontrak satu atau banyak aktivitas front-end (terkait pelanggan) atau back-end (keuangan, SDM, akuntansi, dll.) Dalam suatu perusahaan ke penyedia layanan pihak ketiga. Jumlah pekerjaan dalam industri BPO telah meningkat secara eksponensial dalam dekade terakhir. BPO adalah salah satu wajah baru dalam lingkungan bisnis.

Outsourcing telah membantu perusahaan mengurangi biaya overhead mereka, meningkatkan produktivitas, memperpendek siklus inovasi, mendorong penetrasi pasar baru dan juga meningkatkan pengalaman pelanggan. Indonesia telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dalam industri BPO dalam fungsi seperti layanan pelanggan, keuangan / akuntansi, penggajian, layanan keuangan kelas atas, sumber daya manusia, dll.

Emerging Trends

Ledakan teknologi informasi saat ini telah melahirkan beberapa tren yang berkembang signifikan, misalnya, platform mobile untuk melakukan bisnis, komputasi awan, teknologi untuk menangani volume besar data, dll.

Teknologi dan platform baru ini menawarkan banyak peluang bagi perusahaan untuk mendorong keuntungan bisnis strategis dan tetap berada di depan persaingan. Perusahaan harus bekerja dengan rencana baru untuk menjaga fleksibilitas dan memberikan produk dan layanan yang memuaskan pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *